ModulTrade adalah sebuah projek kebebasan dalam berdagang berdagang

 Image result for modul trade
MASALAH
Sering kali UMKM menghadapi banyak rintangan dan hambatan kapasitas karena ukurannya yang relatif kecil. Secara global, itu diperkirakan sekitar 56% proposal pembiayaan usaha UMKM ditolak, dibandingkan dengan hanya 7% untuk perusahaan multinasional.
ModulTrade menangani kebutuhan UMKM dengan menghilangkan hambatan utama untuk masuk
perdagangan global:
● Kurangnya kepercayaan.
● Biaya masuk yang tinggi.
● Kompleksitas operasi yang berhubungan dengan perdagangan.

KEPERCAYAAN
Kurangnya kepercayaan tetap menjadi masalah yang signifikan bagi UMKM dan mencegah mereka untuk tidak aktif pemain dalam jaringan perdagangan global. Arti ekonomis dari masalah kepercayaan ini bisa terjadi dirangkum dalam pertanyaan berikut:
● Apakah Pembeli akan membayar kepada Penjual mengirimkan barang ke Pembeli? Pertanyaan ini dijawab oleh sistem perbankan yang ada yang menciptakan trade finance instrumen, seperti Surat Kredit dan Bank Garansi.

SOLUSI YANG DIAJUKAN OLEH ModulTrade
ModulTrade bertujuan untuk menghilangkan hambatan utama untuk masuk ke dalam perdagangan global dan juga:
● Menyatukan rangkaian layanan komprehensif untuk siklus perdagangan B2B penuh;
● membantu UMKM bertemu, berkomitmen dan melakukan perdagangan secara global dengan mudah, dengan amanah dan efisien; Dan
● Memperkenalkan MTRc (ModulTrade token) sebagai alat pertukaran nilai yang efisien di modulTrade ekosistem.

MVE juga bercita-cita menjadi platform global inovatif yang akan mudah difasilitasi akses peserta ke pihak ketiga yang menyediakan beberapa atau lebih dari perdagangan jasa dibawah berikut ini:
● Logistik                                           ● Pembiayaan Perdagangan
● Pajak dan pembukuan                ● Asuransi
● Custom brokerage

MVE bertujuan untuk menjadi tempat untuk dengan mudah mengembangkan solusi digital baru untuk perdagangan global, yang paling banyak Kasus penggunaan yang jelas adalah:
● Pelacakan rantai pasokan di Platform ModulTrade
● Thread Digital untuk Manufaktur Additive (DTAM)
● Solusi IoT untuk anjak faktur.


Apa itu ModulTrade?

ModulTrade adalah dari awal membuka rekening untuk memindahkan uang antar rekening, bahkan untuk sesuatu yang sederhana seperti membeli secara online, bank mengenakan biaya untuk segala hal yang bertambah seiring berjalannya waktu. Sementara beberapa orang mungkin berpendapat bahwa biaya pengisian untuk layanan dibenarkan, individu masih dikecewakan setiap hari, namun ketidakefisienan institusi-institusi ini yang menggunakan sistem dan praktik usang yang tidak sesuai dengan era modern. Salah satu ketidakefisienan ini dapat dilihat dalam perdagangan internasional karena usaha kecil menengah (UMKM).
Pertama, gagasan tentang perdagangan internasional jauh melampaui kemampuan banyak UMKM. Bahkan jika mereka ingin melakukan perdagangan internasional, mereka tidak tahu di mana dan bagaimana memulai yang mewakili celah di pasar. Bagi UMKM ini untuk memasuki perdagangan internasional, mereka harus melalui beberapa jenis pembiayaan perdagangan untuk memastikan bahwa perdagangan berjalan lancar tanpa melanggar bank. Sayangnya, 56% dari proposal pembiayaan perdagangan dari UMKM ditolak dibandingkan dengan perbedaan yang mencolok dalam perusahaan multinasional dimana hanya 7% proposal yang ditolak.
Proposal sering ditolak karena UMKM tidak memiliki sumber daya untuk mengatasi tingginya biaya masuk pembiayaan perdagangan. Kompleksitas perdagangan ini juga terlalu banyak untuk usaha kecil di mana transaksi agak sederhana dan mudah. ​​Masalah utama, bagaimanapun, berasal dari kurangnya kepercayaan dalam perdagangan ini.
Sederhananya, apakah pembeli akan dapat membayar penjual untuk barang yang diterima atau sebaliknya?
Masalah ini saat ini dipecahkan dengan langkah-langkah pengurangan risiko seperti letter of credit atau bank garansi namun solusi ini tidak efektif untuk UMKM karena harganya mahal dan pengalaman pelanggan selama proses tidak selalu menjadi masalah yang menyenangkan.

ModulTrade  yang ditemukan secara online di ModulTrade.io, adalah perusahaan teknologi blockchain yang bertujuan untuk membantu usaha kecil berdagang secara global. Platformnya, jika berhasil, bertujuan untuk mengubah cara kita bertransaksi di seluruh dunia. Ini akan memungkinkan usaha kecil untuk bersaing dengan bisnis yang lebih besar dalam skala global.
ModulTrade sedang dikembangkan oleh perusahaan yang berbasis di London. Pra-penjualan token dimulai pada tanggal 3 Oktober, dengan kerumunan orang banyak berlangsung sepanjang bulan Oktober dan November.
ModulTrade dikembangkan sebagai solusi untuk masalah ini.ModulTrade adalah startup blockchain di sektor perdagangan keuangan dengan tujuan untuk memungkinkan usaha kecil di seluruh dunia melibatkan diri mereka dalam perdagangan internasional secara efisien, aman, dan mudah.
Platform ModulTrade yang berbasis pada ekosistem kontrak cerdas akan menyediakan UMKM dengan rangkaian lengkap layanan keuangan serta meminimalkan transaksi dan mendukung perdagangan internasional dengan pasar saat ini dan yang sedang berkembang. Dengan ekosistem ModulTrade, jutaan UMKM di seluruh dunia akan terhubung ke bernegosiasi, menyetujui, dan melakukan perdagangan yang menguntungkan pihak-pihak yang terlibat secara adil.
Bisnis hanya akan disesuaikan dengan pemasok terpercaya yang memiliki reputasi mereka terverifikasi. Semua dana yang terlibat dalam perdagangan juga akan transparan sementara perdagangan yang dicatat dalam buku besar diverifikasi 100% karena barang dilacak sampai pada titik penyerahan.
Akibatnya, ModulTrade membantu membangun kepercayaan dan transparansi lengkap dalam perdagangan sambil membantu UMKM untuk memperluas jangkauan mereka lebih jauh daripada pasar lokal sehingga meningkatkan keuntungan dan pertumbuhan.


ModulTrade  Value Ecosystem (MVE)
Katalis ekonomi untuk demo cracy dalam perdagangan global Dengan memanfaatkan teknologi berbasis blokir kontrak pintar, ModulTrade akan membangun ekosistem nilai untuk perdagangan global, yaitu struktur nilai jaringan digital yang real-time, global, terhubung, digital dan hemat biaya, dengan fitur untuk mendukung solusi fintech lebih lanjut yang dikembangkan. oleh pihak ketiga Solusi ini akan memungkinkan UMKM untuk meningkatkan pendapatan mereka sambil mengurangi biaya perdagangan global. Ini juga akan memungkinkan pengembang / penyedia layanan pihak ketiga mendapatkan akses ke target pengguna / klien yang lebih luas, sekaligus mengurangi biaya pengembangan dan akuisisi pengguna. Dalam kerangka ini, MTRc akan digunakan sebagai kunci bagi pengguna untuk terhubung ke jaringan perdagangan global dan bertransaksi di modulTrade ekosistem.

Salah satu yang menjadi program andalan dari MT adalah MVE. Dengan memanfaatkan teknologi yang berbasis blockchain, ModulTrade akan membangun ekosistem nilai untuk perdagangan global, yaitu struktur nilai jaringan digital yang real-time, global, terhubung, dan hemat biaya. Dengan fitur untuk mendukung solusi fintech lebih lanjut yang dikembangkan oleh pihak ketiga. Solusi ini akan memungkinkan UMKM untuk meningkatkan pendapatan mereka serta dapat mengurangi biaya perdagangan global. Hal ini juga akan memungkinkan pengembang / penyedia layanan pihak ketiga mendapatkan akses ke target pengguna / klien yang lebih luas, sekaligus mengurangi biaya pengembangan dan akuisisi pengguna. Dalam batasan ini, MTRc akan digunakan sebagai kunci bagi pengguna untuk terhubung ke jaringan perdagangan global dan bertransaksi di ekosistem ModulTrade.


MVE bertujuan untuk menghubungkan peserta untuk melakukan perdagangan secara global melalui empat komponen utama:


1.            Blockchain berbasis Smart-contract Multi-Sided Platform (MTP): untuk mereplikasi instrumen keuangan perdagangan bank (Letter of Credit and Guarantee) dan menawarkan kepada peserta MVE layanan ini dengan cara amanah dan hemat biaya sambil juga menghubungkannya dengan pihak lain. layanan seperti logistik dan asuransi;

2.            Platform layanan terkait perdagangan: untuk mempermudah pelaksanaan perdagangan melalui penyedia layanan pihak ke-3 (misalnya pembayaran, logistik, pembiayaan, pajak, pembukuan);


3.            Jaringan Perdagangan & Reputasi: untuk memfasilitasi transaksi moneter peserta MVE dalam modal reputasi mereka menjadi fungsi kolaborasi yang memiliki reputasi baik di dalam ekosistem;

4.            Marketplace: untuk menemukan counterparties yang andal secara global dan untuk membuat pilihan barang dan harga yang optimal.


Mengapa Harus ModulTrade?

Sistem saat ini tidak berjalan dengan baik: Sistem pembiayaan perdagangan saat ini (misalnya letter of credit) tidak efisien dan menguntungkan perusahaan besar yang memiliki skala / volume untuk mendukung proses yang menakutkan, sementara bisnis yang lebih kecil ditinggalkan dari perdagangan global untuk biaya mahal Akibatnya, 56% proposal keuangan UKM ditolak (perusahaan besar menghadapi tingkat penolakan 34% dan perusahaan multinasional ditolak hanya 10% dari waktu).
ModulTrade akan memberdayakan usaha kecil: Kontrak pintar akan meniru platform ModulTrade seperti instrumen seperti Letter of Credit dengan biaya lebih rendah. Dengan cara ini, usaha kecil tidak lagi perlu mengajukan permohonan kepada bank untuk surat kredit atau jaminan serupa.
ModulTrade akan memperlancar perdagangan global: Kontrak Smart akan digunakan pada platform ModulTrade untuk menggantikan proses alur kerja yang memakan waktu, secara dramatis mengurangi biaya. Transaksi lintas batas yang kompleks dan layanan terkaitnya (misalnya pajak barang, asuransi, dll.) Dapat dilakukan tanpa departemen kantor khusus, namun hanya dengan sedikit sentuhan pada ponsel cerdas. Biaya untuk mencari counterparty yang andal dan berhubungan dengan jaringan bisnis akan turun secara signifikan.
Dengan MTRc, akan lebih mudah untuk berdagang dan mengembangkan solusi fintech baru: Dengan MTRc, setiap pengguna akan dapat melakukan perdagangan secara real-time, secara global dan dengan biaya yang efektif. Setiap pengembang akan dapat menghindari biaya pengembangan yang besar dengan memanfaatkan infrastruktur teknologi ModulTrade platform, yang penggunaannya akan dibebankan ke pengguna akhir.

Modul Trade Smart Contract Platform 
MTP berperan sebagai tulang  punggung dalam MVE.  Adapun  Fungsi utama MTP adalah meniru instrumen keuangan trade finance seperti Letters of Kredit (LC) dan Garansi bank. MTP akan menyediakan fungsionalitas ini kepada UMKM dengan harga yang dapat diabaikan  (biaya pelaksanaan smart-contract pada blockchain) jika dibandingkan dengan 4-15% dari jumlah transaksi yang dibebankan oleh bank saat ini.







Berdasarkan proses pada gambar di atas jika kita melihat proses B2B antara exporter dan improter jika melakukan pengajuan kredit terhadap bank. 

1.            Pertama-tama exporter melakukan pengajuan kontrak kepada importer
2.            Setelah menerima pengajuan kontrak dari Exporter , Importer membuat surat untuk pengajuan kredit di bank yang di khususkan untuk menerima pinjaman terhadap importer 
3.            Bank Importer menyetujui surat ajuan kredit tersebut kemudian mengirimkannya kepada Bank Exporter.
4.            Credit yang telah di setujui oleh Bank Exporter akan diserahkan kepada pihak Exporter untuk melakukan Otentikasi terhadap surat tersebut.

5.            Jika sudah disetujui Exporter akan mengirimkan barang tersebut ke Importer 


6.            Exporter memasukkan dokumen yang berisi kelengkapan administrasi di bank Exporter.

7.            Bank Exporter kemudian akan mengirimkan dokumen tersebut ke pihak Bank Importer

8.            Setelah berkas diterima Bank Importer kemudian bank importer akan melakukan pembayaran ke bank exporter.

9.            Bank Exporter memberikan bayaran ke Pihak Exporter

10.         Pihak Importer melakukan pembayaran ke Bank Importer

11.         Bank Importer menerbitkan dokumen kepada pihak Importer.


Dapat ditarik kesimpulan bahwa  peran dari bank dalam proses perdagangan memberikan kepercayaan pada siklus perdagangan B2B sebagai pihak ke-3 dengan reputasi "terpercaya" sehigga dapat memberikan jaminan kepada masyarakat. Bank menjamin bahwa atas barang yang dikirim uang akan dibayarkan ke Penjual. Bank bertanggung jawab untuk memberikan kepercayaan dan untuk menghindari Manipulasi.








Berdasarkan gambar diatas menjelaskan bahwa proses B2B menggunakan Modul trade yang siklusnya sebagai berikut :
1.            Pembeli dan Penjual menyetujui perdagangan dan membuat kontrak Smart di MTP
2.            MTP memblokir uang pada rekening Pembeli untuk menjamin pembayaran pada saat pengiriman 
3.            MTP menginstruksikan bank untuk memesan dana di rekening Pembeli / kartu kredit; atau  MTP menyimpan dana dalam kriptocurrency dalam kontrak cerdas
4.            Penjual mengirimkan barang melalui perusahaan logistik dan menyerahkan nomor Pelacakan ke MTP
5.            Setelah penerimaan barang oleh Pembeli, (Pelacakan pengiriman sesuai dengan alamat Pembeli yang ditunjukkan dalam kontrak Smart) MTP menginstruksikan pelepasan pembayaran kepada Penjual

Untuk informasi lebih lajut


penulis : HerdiRFauzi
Link Profile BTC : KLIK  

Eth Address :  0x7884248bcd5b455242c7FCF11b60Dd849dA68684
Btc Address : 12xvYxJuF8Cn3Amp5ppJDGWRtFvsAsjx3S


0 komentar: